Sabtu, 05 September 2015

Kimia dalam kehidupan sehari- hari

Kita pasti sering mendengar kata-kata kimia bukan karena kimia sangat tidak asing bagi kita dalam kehidupan sehari-hari, tapi kita belum tentu mengerti apa arti kimia yang sebenarnya. Berikut adalah definisinya:

1.      Kimia menurut asal katanya sebenarnya berasal dari istilah bahasa arab al-kimiya yang artinya perubahan materi, atau benda oleh ilmuwan Arab Jabir ibn Hayyan (tahun 700-778). Kimia juga berasal dari bahasa yunani “khemia”
2.      Definisi Kimia Secara umum adalah ilmu yang mempelajari zat/materi, perubahan zat (reaksi), beserta energi yang menyertainya, dan juga zat baru yang muncul. Perubahan zat di sini hanyalah perubahan zat secara kimia. Ditandai dengan munculnya zat baru. Untuk perubahan fisik (mencair, membeku, menguap, dll) tidak dipelajari dalam kimia.
3.      Definisi kimia secara teori ilmu, kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan serta interaksi (reaksi) mereka untuk membentuk materi baru yang ada di sekitar kita.
4.      Definisi Kimia menurut James E. Brady , kimia adalah ilmu yang mempelajari bahan kimia.
5.      Definisi Kimia menuru Dictionary of the English Language, Fourth Edition copyright ©2000 by Houghton Mifflin Company  : The science of the composition, structure, properties, and reactions of matter, especially of atomic and molecular systems.
6.      Definisi Kimia menurut the society, Sebuah seni kuno atau ilmu yang berkaitan dengan ekstraksi jus dari tanaman obat, atau logam dari bumi mereka, atau transmutasi elemen fisik, seperti logam dasar menjadi emas, penyusunan elixirs, dan hal-hal lain biasanya terhubung dengan alkimia, dari mana kimia modern merupakan turunan sepanjang garis khusus.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, baik dalam bidang informasi, komunikasi dan IPTEK. Ilmu kimia juga semakin berkembang secara siknifikan, ini ditandai dengan digunakannya ilmu kimia dalam berbagai kebutuhan manusia sehari-hari seperti contoh:
1.      Pembersih
2.      pemutih pakaian
3.      pewangi
4.      pestisida
5.      sabun
 
















Ilmu kimia juga dibutuhkan dalam berbagai bidang yaitu:
  1. Di bidang pertanian
Ambil contoh ketika tumbuhan membutuhkan air serta tanah yang subur. Namun dibidang pertanian modern, telah menggunakan pupuk dan pestisida. manfaat pupuk untuk tumbuhan ialah Merangsang pertumbuhan akar, batang
dan daun serat Meningkatkan mutu dan jumlah hasil yang baik. karena pupuk adalah senyawa kimia anarganik yang dijumpai di alam atau dibuat manusia yang memiliki nilai hara langsung atau tidak langsung bagi tanaman.
  1. Di bidang kedokteran
Di bidang ini banyak dijumpai manfaatnya, seperti obat-obatan yang membantu penyembuhan pasien, karena obat adalah hasil dari penelitian dibidang kimia farmasi.
  1. Di bidang pangan
Adanya komposisi pada makanan, yang bermanfaat bagi manusia. penggunaan mikroorganisme/bakteri pada makanan, contoh pembuatan kecap, tempe, dan yoghurt.
  1. Di bidang industri/pabrik
Penerapan ilmu Kimia di bidang industri, ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. Mesin-mesin di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang digunakan. Seperti semen, kayu, cat, beton, dsb. dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu Kimia. Kain sintetis yang Anda gunakan juga merupakan hasil penerapan ilmu Kimia.
  1. Di bidang Hukum
Manfaat di bidang hukum yaitu ketika terjadi kejahatan-kejahatan ataupun pembunuhan, dengan begitu dibutuhkan sample hasil tes DNA, yang menggunakan ilmu kimia.

  Dari semua ini kita dapat menggambil kesimpulan bahwa ilmu kimia sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari tidak hanya kerugian tetapi kita juga dapat mengambil keuntungan dari ilmu kimia dalam kehidupan kita,
Sekian artikel mengenai kimia dari saya, terima kasih.



Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar